Minggu, 15 Maret 2009

HOBBY SEBAGAI INVESTASI

Hampir setiap manusia pasti mempunyai hobby atau kegemaran akan sesuatu. Sesuatu yang sangat dinikmati dan dapat melepaskan stress atau kepenatan keseharian kita.
Hobby bersifat sangat personal atau pribadi, artinya hobby seseorang belum tentu sama dengan hobby orang yang lain, bahkan mungkin dapat membingungkan yang lain .
Tetapi yang namanya hobby, pasti menyenangkan dan menggairahkan.

Ada begitu banyak jenis hobby yang dapat anda gemari, tetapi kebanyakan hobby biasanya selalu memerlukan dana yang besar untuk menikmatinya. Kalau hobby kita dapat menambah nilai investasi kita ,itu akan sangat baik, tetapi sayangnya kebanyakan hobby menghabiskan begitu banyak uang, seperti misalnya: bermain golf, tennis, hobby dugem, ngedrug, minum minuman keras, massage plus-plus. judi, main saham, forex, dll.

Berbeda dengan hobby diatas, koleksi uang kuno adalah hobby yang sangat mengasyikan, karena selain membutuhkan ketekunan, kejelian, dan kesabaran, hobby yang satu ini sangat menantang, sehingga keberhasilan kita untuk mengoleksi ragam seri yang kita tekuni akan sangat membagakan dan memberi kepuasan tersendiri.
Hobby yang satu ini bukan hanya tergantung dari seberapa tebal uang anda, tetapi lebih pada keuletan serta kejelian kita melihat dan menangkap peluang yang ada. Bagaimana kita dapat mengikuti perkembangan pasar akan supply serta demand dari barang tertentu di pasaran.

Selain kenikmatan diatas, hobby koleksi uang kuno atau yang lebih dikenal dengan istilah "numismatik" ini bukan merupakan suatu pemborosan akan uang kita, tetapi ini merupakan alat investasi yang sangat baik. Selain itu barang koleksi yang satu ini mempunyai nilai sejarah tersendiri yang dengan mudah dapat menjadi warisan yang sangat berharga bagi keturunan dan generasi setelah kita.

Belum ada dalam sejarah numismatik, koleksi uang kita mengalami penurunan didalam segi harga. Sebaliknya harga uang kuno setiap tahunnya mengalami kenaikan, karena selain penggemar dan pemainnya semakin banyak, ketersediaan barang dipasaran sangat terbatas.
Akibatnya seringkali timbul kelangkaan akan kelengkapan seri seri tertentu, dan hal inilah yang mambuat para numismatik menjadi "penasaran".

Untuk pelepasan penasaran, biasanya setiap tahun para hobbyists numismatika mengadakan "auction" atau lelang atas barang investasinya yang mereka mau lepas. nah biasanya disitulah kesempatan emas untuk kita boleh shopping abis-abisan, tetapi syaratnya bawa duit banyakan, karena harganya pun bersaing dengan kolektor lain yang sama sama berminat keras.

Mari kita lestarikan asset nasional kita, yaitu uang kertas Indonesia sebagai budaya cinta produk nasional dan sebagai tanggung jawab kita kepada generasi penerus. Karena sejarah bangsa itu sangatlah penting untuk dipelajari, karena sejarah akan berulang sendiri.

Mendiang mantan presiden pertama Indonesia, Bp. Ir. Soekarno mengatakan: "Jangan Sekali-sekali Melupakan Sejarah" (JAS MERAH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar